Home » » Panggilan khas Paskibra Jawa Barat

Panggilan khas Paskibra Jawa Barat

beranda-brigaspad
Akang teteh, panggilan khas anggota paskibra di Jawa Barat Indonesia. Panggilan yang merupakan bentuk penanaman nilai kekeluargaan, sebagai wujud dari penghargaan seorang adik kepada kakaknya. Kenapa harus akang dan teteh?


Akang dan teteh merupakan panggilan khas penduduk Jawa Barat, akang berarti kakak cowok dan teteh berarti kakak cewek. Hal ini yang dicoba diangkat oleh paskibra terutama Paskibraka Jawa Barat. Alasan utamanya adalah bahwa budaya daerah merupakan tiang dari budaya nasional. Oleh sebab itu perlu adanya pelestarian budaya walaupun hanya sekedar kata panggilan.
Inilah mungkin yang harus dicermati karena hingga saat ini kita sering mengabaikan hal-hal yang mungkin kita anggap kecil, padahal hampir semua hal besar berawal dari hal kecil.
Kurang jelas apakan panggilan khas ini diterapkan pula diwilayah selain jawa barat, misalkan paskibra di Jawa Tengah dan Jawa Timur memanggil mas dan mbak, atau Paskibra Padang atau Sumatera Barat memanggil Uda dan Uni.
Semoga ini bisa menjadi contoh bagi yang lain karena brigadista rasa, sudah cukup banyak budaya kita yang dikangkangi negara lain, dan kita hanya bisa marah dan protes. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga budaya tanah air kita.


Written by : brigaspad - Media Paskibra Indonesia

Brigaspad atau dipanjangkan menjadi Brigade Tugas Pelajar Andalan adalah nama satuan organisasi paskibra SMKN 1 Cikarang Barat. Dengan tekad dan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, kami berharap media ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca, terima kasih.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

15 comments:

  1. pertama(kah)..??

    Akang...

    ....????????
    mana yg bih tua ya..??
    U atau Me..??

    (garuk2 kepala)..
    xixixixixixixixixiii..


    lariiiiii ah..

    ReplyDelete
  2. setujuxxx... dari pd kita mnegeluh lebih baik kita mesti berbuat..

    nyambung ngga yach ???

    ReplyDelete
  3. SEPAKAT, save our culture !!!!

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  4. akang ama teteh yah?......

    kalo yang lwebih tyua dari akang panggilannya apa dong....akang-kang yah

    sure.....setuju

    ReplyDelete
  5. apa?teteq?kok baru tahu ya?*gubrak!*

    ReplyDelete
  6. kalo Sby cak dan ning mas :)

    blognya mantab, MERDEKA INDONESIA !!!!

    ReplyDelete
  7. hmmm..cocok buat saya yg pengen belajar bahasa daerah nie kang..hehehe

    ou gitu toh kang..baru tau saya neh :)

    ReplyDelete
  8. wah dibombardir postingan baru. Bagusss bro. Akang teteh? Aku jawa timur nggak ngerti nih. Yang penting berbeda tapi satu. apapun sebutannya yang terpenting adalah makanan Jawa Barat uenakkk tenan (hehe kok larinya ke makanan ya)

    ReplyDelete
  9. Mas kalo di jakarta Abang. i need your comment in my post http://seno008.blogspot.com/2008/10/saya-butuh-komentar-anda.html

    ReplyDelete
  10. punten ni akang da salam dri anak smea,,,!!

    ReplyDelete
  11. AnonymousJune 10, 2009

    ppi kab.sukabumi,harus lebih tegas mengenai calon anggota ppi baru.....trim

    ReplyDelete
  12. wah.. iya bener tuh.. hahaha
    saya suka sekali manggil cowo dengan sapaan akang hehe karena dulu waktu sekolah sma di smansa serang wajib manggil akang-teteh.. di rumah sih panggilan kang, kakak-adik gitu cuma mamang-mamang saya yang make.. adik saya dan sepupu saya yang cowo udah pada dipanggil aa, tapi tetep manggil kaka cewe teteh..

    ReplyDelete
  13. setuju sama yang nulis blog ini.. hal kecil kayak manggil kang dan teh aja sudah menunjukan kecintaan kita akan budaya indonesia yang kaya dan wajib kita jaga
    hidup indonesia!

    ReplyDelete

Silahkan komentar Anda!
maaf! komentar bernada SPAM, dan Sara akan Dihapus.
terima kasih.