Home » » Plagiator Paskibra Must Die

Plagiator Paskibra Must Die

beranda-brigaspad
Jujur,.. semangat jadinya dapet pencerahan dari mbak Dian, hingga terfikir untuk mengetik sebuah posting tentang hal yang selama ini telah menjadi penyakit di paskibra bahkan mungkin juga di segala bidang. Hal yang Brigadista maksud adalah adanya"Plagiator" plagiator kreatifitas yang selama ini mengerogoti perkembangan pelatihan paskibra di sekolah. Apa sih Plagiator itu?


Kata Plagiator berasal dari kata plagiat, mungkin buat sahabat blogger jawa barat kata itu tidak asing lagi, karena kata plagiat merujuk pada kata mencontek/meniru.

Dalam sejarah kepelatihan paskibra, kata plagiator disandangkan untuk sekolah ataupun pelatih yang terbiasa menggunakan kreatifitas dan hasil karya paskibra sekolah lain dan pelatih paskibra dan kemudian diakui sebagai karya sendiri, dalam arti lain "tukang contek", hal ini berhubung pelaku praktek plagiator terbatas pada sekolah dan pelatih yang itu itu saja.

Sebenarnya dalam kepaskibraan hal ini tidak menjadi masalah jika hal yang di "contek" seperti Skep pangab yang merupakan aturan dasar PBB (Peraturan Baris Berbaris) yang memang merupakan aturan baku dalam latihan baris berbaris, dan sudah seharusnya ditiru dan diikuti, namun akan menjadi lain jika sang plagiator meniru gerakan dalam sebuah penampilan Variasi dan Formasi untuk kemudian digunakan untuk mengikuti Lomba dan bertanding dalam sebuah event.

Ketua Purna Bhakti Brigaspad Paskibra SMKN 1 Cikarang Barat pernah mengatakan bahwa ide itu mahal, dan perlu sebuah moral dan mental yang bagus untuk mengakui ide orang lain. Plagiator adalah penyakit di paskibra yang harus diwaspadai. Dan akan terus menjadi penyakit selama nilai sportifitas tidak dijunjung tinggi. Melalui SMS, brigadista juga meminta pendapat salah seorang pelatih Senior brigaspad yaitu kang Umdah, dan pendapatnya yang selalu nyleneh mengatakan "kenapa siih plagiator pake di bahas, orang nyontek selamanya nggak akan pinter, kalo dia pengen terus terusan jadi plagiator, ya biarin aja! bodoh ko dipelihara",

Dalam pendapat Brigadista, seorang plagiator terbentuk dari sebuah keinginan untuk melebihi dan menjadi yang terbaik, salah satunya menjadi pemenang dalam suatu perlombaan, hingga dalam hal ini segala hal dilakukan termasuk menggunakan kreasi orang lain. Sering brigadista berfikir, apakah para plagiator itu bangga jika memenangkan lomba, dengan hasil kreatifitas dan kreasi orang, yang dia pakai tanpa ijin dan permisi?? Apakah dia layak diangkat dan disebut sebagai juara? dan jika tidak mendapat predikat plagiator, maka jangan plagiat.

Notes:
Variasi = Gerakan seni dan keindahan dalam Berbaris dimana Pasukan atau regu menampilkan suatu gerakan dalam berbaris menjadi indah atau lucu, kadang berbentuk paduan antara gerakan PBB (Peraturan Baris Berbaris) dengan tarian dan konfigurasi gerak anggota badan.

Formasi = gerakan dalam Pelampilan baris berbaris dimana pasukan atau regu bergerak membentuk suatu bentuk tertentu dengan konfigurasi gerak tertentu.

Lomba = di kawasan kabupaten bekasi dan sekitarnya sering diadakan perlombaan yang melibatkan anggota paskibra paskibra di sekolah, dalam lomba ini rata-rata memperlombakan gerakan PBB, Variasi dan Formasi PBB.

Written by : brigaspad - Media Paskibra Indonesia

Brigaspad atau dipanjangkan menjadi Brigade Tugas Pelajar Andalan adalah nama satuan organisasi paskibra SMKN 1 Cikarang Barat. Dengan tekad dan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, kami berharap media ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca, terima kasih.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

14 comments:

  1. baru dapat istillah ini manusia biasa nambah wawasan saya uey. thanks infonya

    ReplyDelete
  2. Nice posting,bro meskipun bacanya rada mumet coz lagi kepanasann huuhhh puanaaaassssssss

    ReplyDelete
  3. Judulnya serem amat...tp emang saya ga setuju dengan apapun yang berbau plagiat. Saya mah dulu waktu sekolah ga ikut paskibra. belajar PBB karena emang formalitas. Tp saya ga tau yg diajarkan sama mentor itu plagiat atau bukan ya

    ReplyDelete
  4. halowwwhalowww

    Salam kenal trims udah main ke blog ku salam manis

    ReplyDelete
  5. Klo bisa judulnya...diperhalus gitu..serem...
    Biasakan kata2 yg positif...

    ReplyDelete
  6. judulnya sangar..... kaya penuh dendam banget

    ReplyDelete
  7. pertamaxxx... kalau menurut bang haji.. boleh2 saja sedikit plagiat, kemudian di kembangin lagi menurut kreasi kita..

    ReplyDelete
  8. @Jaloee: kayanya pasti pernah neh..wekekek..sama tuhhhh dengan saya mah..hihihia

    hanya untuk mendapatkan ide saja bro..tapi tidak sepenuhnya dan total menjiplak apalagi ga kasih sumber..

    btw paskibraka ada plagiat juga..??hehehe

    ReplyDelete
  9. plagiat ntu..kreatif... (halah) memang pada dasarnya manusia itu suka yach ngeliat punya orang yang lebih..hi.hi.hi

    ReplyDelete
  10. gue mantan paskibraka lho...:)

    tapi tingkat kotamadya, hhoho!

    ReplyDelete
  11. emhh... plagiat yach.,
    sbelum comment saya mau muji dulu kalau tulisannya bagus. ringkas padat juga kena sasaran.
    ___
    biasanya orang niru variasi atau formasi sekolah lain pasti karna dia pengen sekolahnya juga bisa tampil bagus. emang sich, bagi yang kena korbannya pasti eneg banget idenya dipake orang tanpa permisi. tapi,,coba deh kita liat positifnya, dengan adnya plagiat harusnya bisa mendorong kita buat lebih kretaif lagi dn slalu ada dua langkah atau ratusan langkah didepan para plagiator tsb.

    ditambah lagi adanya para plagiat di tiap daerah nunjukin kalau persaudaraan sesama paskibra belum 100% tercipta. karna lebih nganggap sekolah lain musuh yang harus dikalahkan daripada teman yang harus saling membantu.

    SALAM PASKIBRA!!!

    ReplyDelete
  12. ya ampun aku malah gak tahu kalo diri ini cukup inspiratif

    ReplyDelete
  13. Selamat! buat team plagiator yang juara umum di lomba smk 45 Jakarta... sekali lagi selamat!

    ReplyDelete
  14. ehm boleh minta tlng g????????/klo ad minta dikirimi video lkbbnya biar Q pke buat referensi tmen2 disni. klo bisa dikirim di email q wec075@yahoo.co.id thanks

    ReplyDelete

Silahkan komentar Anda!
maaf! komentar bernada SPAM, dan Sara akan Dihapus.
terima kasih.