Home » » Hujan Meteor Perseids di Bulan Agustus

Hujan Meteor Perseids di Bulan Agustus

beranda-brigaspad

Kaya yang udah di beritain di web ini, pas tanggal 12 kalau ga tanggal 13 agustus, kurang lebih jam satu dini hari waktu indonesia bagian barat, tepatnya saat Rasi Perseus terbit bakal ada hujan meteor perseids. Hujan meteor perseids ini bakal muncul secara khas cepat dan cerah/terang dari sebuah titik di sebuah Rasi Perseus.yang lebih hebatnya buat temen-temen yang pengen liat hujan meteor ini, kita ga perlu nyari-nyari soalnya hujan Meteor ini akan tampak di keseluruhan langit.



Sebagian banyak orang bilang kalau hujan Meteor Perseids adalah hujan Meteor terbaik setiap tahunnya, Dan pada puncaknya sering menampilkan 50 lebih Meteor per jam. Tahun 2010 tahun yang sangat bagus untuk Hujan Meteor Perseids. bayangin aja, pada tahun ini, Bulan sabit awal tipis akan terbenam pada awal malam, meninggalkan langit gelap untuk tahun ini dan pertunjukan Hujan Meteor Perseids. Hujan Meteor Perseids cenderung memperkuat/menambah jumlah meteor semakin malam dan malam, dan khasnya menghasilkan banyak meteor ketika subuh sebelum fajar. Banyak Meteor sering cerah dan biasanya meninggalkan jejak/trailseperti yang bisa dilihat pada video dibawah. saat hujan perseids kali ini, akan terlihat rentetan garis yang pendek di malam musim panas dari tengah malam sampai fajar.

berikut petikan berita mengenai hujan meteor perseids,..

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, berhasil mengabadikan gambar bola api (fireball) yang muncul saat Hujan Meteor Perseid di Paint Rock, Alabama.

"Bola api itu jadi awal yang baik untuk melihat rangkaian Hujan Meteor Perseid tahun ini," ujar Juru Bicara NASA Janet Anderson seperti dikutip Space.com. Bola api muncul pada 3 Agustus pukul 21.56 waktu setempat saat melintas di ketinggian 112,6 kilometer di atas kota Paint Rock.

NASA mengidentifikasi meteor itu berdiameter 2,5 sentimeter dan bergerak dengan kecepatan fenomenal: 215 ribu kilometer per jam. Dengan kecepatan mengagumkan itu, meteor memunculkan ekor api sepanjang 104,6 kilometer, sebelum habis terbakar di ketinggian 90 kilometer. "Cahayanya enam kali lebih terang dari Venus," kata Anderson.

Hujan Meteor Perseid muncul saban pertengahan Agustus, saat Bumi mendekati orbit Komet Swift-Tuttle. Komet ini pertama diamati pada 1862 dan butuh 130 tahun untuk sekali mengitari matahari.

Material dari ekor komet menerabas lapisan atmosfer dengan kecepatan 60 kilometer per detik. Ingat, satuannya dalam detik, bukan jam. Sehingga menciptakan banyak bintang jatuh.

Menurut kolumnis Space.com, Joe Rao, bulan ini merupakan waktu terbaik mengamati Hujan Meteor Perseid. Jika langit cerah, pengamat bisa mendapati satu bintang jatuh saban menit. Namun bagi penduduk kota, juga daerah pinggiran yang terang, jumlah bintang jatuh yang terpantau jauh lebih sedikit. "Waktu terbaik melihat hujan meteor ini adalah besok menjelang tengah malam, sampai menjelang fajar 13 Agustus," katanya.

sumber:http://www.tempointeraktif.com


simak video berikut tentang hujan meteor perseid, tapi sabar ya kalau harus buffering dulu, soalnya bufferingnya videonya lumayan lama.


nah, buat yang nunggu waktu sahur, lumayan kan dapat hiburan indah?

Written by : brigaspad - Media Paskibra Indonesia

Brigaspad atau dipanjangkan menjadi Brigade Tugas Pelajar Andalan adalah nama satuan organisasi paskibra SMKN 1 Cikarang Barat. Dengan tekad dan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, kami berharap media ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca, terima kasih.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

2 comments:

Silahkan komentar Anda!
maaf! komentar bernada SPAM, dan Sara akan Dihapus.
terima kasih.