Home » » Ciri Manusia Kreatif

Ciri Manusia Kreatif

beranda-brigaspad
Manusia biasa biasanya memiliki kecendrungan ke arah tertentu sementara sebuah pribadi kreatif terdiri dari sifat-sifat berlawanan yang terus menerus bertarung. Tetapi disisi lain juga hidup berdampingan dalam satu tubuh. Lalu apa saja sifat kontradiktif yang dimaksud?


Selama 30 Tahun, seorang pakar kreativitas yang bernama Mihaly Csikszentmihalyi meneliti kehidupan orang orang yang kreatif. Menurutnya, banyak kesalah pahaman terjadi di masyarakat dalam memandang orang orang yang kreatif ini disebabkan karena kepribadian yang lebih kompleks dari orang orang kreatif dibandingkan orang lain. Sifat kontradiktif yang terjadi adalah

Memiliki Tingkat Energi Tinggi tetapi butuh Waktu lama untuk Beristirahat

Banyak orang kreatif yang tahan berkonsentrasi berjam-jam tanpa merasa lelah, jenuh, lapar, haus atau juga gatal badan karena tidak mandi. Tapi begitu selesai, mereka butuh waktu berhari hari untuk me-reload energi.
Dalam hal ini, mereka akan terlihat seperti orang termalas se-dunia.

Cerdas, Tetapi kadang Berfikir seperti orang Bodoh

Tidak dipungkiri kalau orang-orang kreatif memiliki kecerdasan yang layak diacungi jempol, di sisi lain mereka berani berpikir seperti orang bodoh dalam memandang persoalan. daripada stagnant dengan satu penyelesaian yang secara umum dianggap benar, mereka berpikir divergen dalam mencari pemecahan yang artinya mencari sebanyak mungkin dan seberagam mungkin ide yang terpikir, tak peduli betapa bodoh kedengarannya.

Playfull, Tetapi disiplin dan Tekun

Tidak seperti dewasa lainnya yang melihat dunia dengan kacamata super-serius, orang-orang kreatif justru sebaliknya. Mereka memandang bidang mereka layaknya taman ria. Mereka selalu antusias dalam mereka melakukan pekerjaan hingga terkesan seperti sedang bermain-main, padahal sebenarnya mereka juga bekerja keras mewujudkan ‘mainannya’.

selalu penuh imajinasi dan fantasi, tapi mereka juga tak lupa untuk tetap kembali ke realitas

Mereka mampu menelurkan ide-ide gila yang belum pernah tercetus oleh milyaran manusia lain, tapi yang membuat mereka bukan sekedar pemimpi di siang bolong adalah usaha mereka untuk menjembatani dunia khayalan mereka dengan kenyataan sehingga orang lain bisa ikut mengerti dan menikmatinya.

cenderung bersifat introvert juga ekstrovert

Pada kebanyakan orang lain, biasanya ada satu sifat yang cenderung lebih mendominasi perilakunya sehari-hari, tapi kedua sifat itu tampaknya muncul dalam porsi yang setara pada orang-orang kreatif. Mereka sangat menikmati baik pergaulan dengan orang lain (terutama dengan orang-orang kreatif lain yang sehobi) maupun kesendirian total ketika mengerjakan sesuatu.

rendah hati, namun juga bangga akan pencapaiannya

Mereka sadar bahwa ide-ide mereka tidak muncul begitu saja, melainkan hasil olahan inspirasi dan pengetahuan yang diperoleh dari lingkungan dan tokoh-tokoh kreatif yang menjadi panutan mereka. Mereka juga terfokus pada rencana masa depan atau pekerjaan saat ini sehingga prestasi di masa lalu tidak sebegitu berartinya bagi mereka
.
Orang-orang kreatif adalah androgini; Mereka mendobrak batas-batas yang kaku dari stereotipe gender mereka

Laki-laki yang kreatif biasanya lebih sensitif dan kurang agresif dibanding laki-laki lain yang tidak begitu kreatif, sementara perempuan yang kreatif juga lebih dominan dan ‘keras’ dibanding perempuan pada umumnya.

Orang-orang kreatif adalah pemberontak, tapi pada saat yang sama mereka tetap menghargai tradisi lama

Tentu sulit menyematkan nilai kreativitas pada sebuah teori atau karya yang tidak mengandung sesuatu yang baru, tapi orang-orang kreatif tidak ingin membuat sesuatu yang sekedar berbeda dari yang sudah ada; Ada unsur ‘perbaikan’ atau ‘peningkatan’ yang harus dipenuhi, dan itu hanya bisa dilakukan setelah orang-orang kreatif cukup memahami aturan-aturan dasarnya untuk bisa menerabasnya.

Bersemangat mendalami pekerjaannya, tapi mereka juga bisa sangat obyektif menilai hasilnya

Tanpa hasrat yang menggebu-gebu, mereka mungkin sudah menyerah sebelum sempat mewujudkan ide kreatif mereka yang sulit dinyatakan, tapi mereka juga tidak dapat menghasilkan sesuatu yang benar-benar hebat tanpa kemampuan untuk mengkritik diri dan karya sendiri habis-habisan.
Orang-orang kreatif pada umumnya lebih terbuka terhadap hal-hal baru dan sensitif pada lingkungan.

Sifat ini menyenangkan mereka (karena mendukung proses kreatif), tapi juga membuat mereka sering gelisah -bahkan menderita

Sesuatu yang tidak beres di sekitar mereka, kritik dan cemooh terhadap hasil karya, atau pencapaian yang tidak dihargai sebagaimana mestinya, hal-hal ini mengganggu orang kreatif lebih dari orang biasa.

Apakah anda termasuk orang yang kreatif?

Thanks to: Djarwo
Dedicate: Semua blogger, dimana blogger termasuk dalam rangkaian manusia manusia kreatif.



Written by : brigaspad - Media Paskibra Indonesia

Brigaspad atau dipanjangkan menjadi Brigade Tugas Pelajar Andalan adalah nama satuan organisasi paskibra SMKN 1 Cikarang Barat. Dengan tekad dan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, kami berharap media ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca, terima kasih.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

44 comments:

  1. kalo aku termasuk manusia kreatif nggak yak, huehehehehehehe....

    ReplyDelete
  2. wah kayaknya aku termasuk semuannya dech kang

    ReplyDelete
  3. mantaf gan semoga menjadi lebih kreatif,

    trus kbutuhan ini lg pinjem y

    ReplyDelete
  4. variabel indikatornya cukup masuk akal, relefasnsi konektifitasnya dengan kepribadian, dan attitude seseorang sebagai tolak ukur orang dikatakan kreatif sangat yaoi [kuwur2] wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    intinya aku juga gak mudeng wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    salam sinkong goreng hangat

    tabiek
    senoaji

    ReplyDelete
  5. memang kalo mau maju ya harus kreatif..
    top posting...

    ReplyDelete
  6. menurutmu aku kreatif gak?

    ReplyDelete
  7. aq yg mana yaa hihihihi....
    ntar deh intropeksi dl...^^

    ReplyDelete
  8. nyang buat postingnya pun kratif

    ReplyDelete
  9. saya pasti yang menderita,
    menderita sampe harus kreatif,
    wakakaka...

    (piss... salam kreatif bro)

    ReplyDelete
  10. wkwkwkwkwkwk........... kayanya semua kriteria diatas manusia biasa punya.........


    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  11. wah kalo abang sih melebihi kreatif hue he he, kreatif dan atraktif ..*halah ..*

    ReplyDelete
  12. btw ..jadi kemaren dek, hari minggu ..

    ReplyDelete
  13. rendah hati, namun juga bangga akan pencapaiannya yg ini kayaknya aku banget dech,...

    ReplyDelete
  14. Saya dapat kabar dari Senoaji kalau ada topik yang lagi ngebahas soal saya disini... Sampai disini..., ternyata benar.... tsk.. tsk.. tsk..

    Wkwkwkwkwkw....

    ReplyDelete
  15. hidup sama dengan kreatif, kreatif sama dengan hidup tidak sia sia...he..he.. nice touch

    ReplyDelete
  16. keren kreatif bener ya.. salut saya

    btw.. tempaltenya kang Oom bawa berkah loh.. intip yuks....

    ReplyDelete
  17. artikel nya juga kreatif....

    ReplyDelete
  18. Hmmm... gitu ya orang kreatif ...klo' ga' ada ciri seperti itu cuma pengen lebih kreatif trus ngeblog aja kali ya... makasih Mas..ijin ngeprin ya..

    ReplyDelete
  19. wah pasti mau dong jadi orang kreatif...nggak bakalan deh kehabisan ide... harus dilatih juga nih...

    ReplyDelete
  20. kalo salah satu nya gak terpenihi, apa masih bisa digolongkan kreatif gak ya ????

    ReplyDelete
  21. Wah bener tuh.. ManteP..
    apa lagi yang "Cerdas, Tetapi kadang Berfikir seperti orang Bodoh"

    Oh ya.. Salam Kenal ya..

    ebenk789
    berbagi itu indah

    ReplyDelete
  22. wih,,, mantep deh postingannya...

    Saya orang yang kreatif gak yha??? hehehehe

    ReplyDelete
  23. termasuk kah akyu.....em kira2 yang pas tuh point teralhir deh keknya.....

    ReplyDelete
  24. Info yang perlu dipelajari untuk mengetahui pribadi anak-anak muda zaman sekarang.
    Termasuk kreatif atau tidak.
    Karena kreativitas tidak hanya slogan yang sekedar diteriakkan.

    Terus semangat, Anak Muda...!!!!

    Sayang untukmu.

    ReplyDelete
  25. harus introspeksi diri masing2 nih..masuk gak ciri manusa kreatif

    ReplyDelete
  26. wah bener2 kreatif mas

    sukses selalu ya

    ReplyDelete
  27. kapan ya saya masuk kategori kreatif,,,hiks....

    ReplyDelete
  28. mestinya tambah lagi.. orang kreatif itu suka main game...wakakakkakak

    ReplyDelete
  29. harus ditambah lagi..

    orang kreatif itu yang suka nge-blog dan rajin mengunjungi blog yang ini..hehehe

    ReplyDelete
  30. si Mihaly Csikszentmihalyi ini pasti orang kreatif, tapi dia punya blog ga ya..
    kalo belum punya blog, berarti dia kurang kreatif...LOL

    ReplyDelete
  31. ngga tau juga ya.. apa aku ni kreatif or ngga..?? biarlah org lain yg menilai aja... mmm..thx referensinya.. mantap

    ReplyDelete
  32. *sambil berpikir* apakah aku termasuk yang kreatif?? sepertinya belum... hmmm

    Salam kenal..

    ReplyDelete
  33. waah, aku termasuk yang mana ya nih..
    hehew

    ReplyDelete
  34. koq aku sama sekali gak masuk kriteria di atas yah, kserempet pun enggak *tepok jidat* payahhh

    ReplyDelete
  35. yang kreatif dan konstruktif harus terus dibina..jangan dikebiri..hiks

    ReplyDelete
  36. maunya si kasih coment Apakah kamu wanita idaman pria ? berhubung nggak masuk kriteria maka coment title yang ini saja deh...wah betul tu kata Nyante Aza Lae " kreatif & konstruktif adalah satu paket " lo malah jadi nggak kreatif ni ngekor..wakk

    ReplyDelete
  37. Salam kenal.
    Banyak orang yang kreatif di Indonesia ini, tapi itu ternyata belum cukup bayak, karena Indonesia belum menjadi negara yang maju dan kuat. Kita harus terus bantu orang2 di sekeliling kita agar juga menjadi kreatif...

    ReplyDelete
  38. nice post makasih ya infonya im back again

    ReplyDelete

Silahkan komentar Anda!
maaf! komentar bernada SPAM, dan Sara akan Dihapus.
terima kasih.