Home » » PERJALANAN PASKIBRA BEKASI (bag.1)

PERJALANAN PASKIBRA BEKASI (bag.1)

Paskibra mungkin saat ini bukan sesuatu yang asing ditelinga para pelajar khususnya pelajar di Bekasi. Setuju ataupun tidak, paskibra telah menjadi lebih fenomenal dengan banyaknya event yang diselenggarakan, Nah..dari hal tersebut maka saya mencoba membahas tentang sejarah perjalanan paskibra di Bekasi


Awal Sebuah Masa
Paskibra Sekolah pada awalnya hanyalah dibentuk untuk satuan pengibaran bendera disekolah. Inilah sebenarnya tugas pokok dari para anggotanya. walaupun demikian, untuk membentuk hal tersebut diatas, diadakan pelatihan-pelatihan seperti PBB (Peraturan Baris Berbaris), gladi kesigapan, dll. Dikabupaten bekasi, paskibra sekolah mungkin sudah dikenal sejak tahun 1985, dimana saat itu berdiri satuan-satuan di sekolah dengan nama PKS, Pasti, Pissus, dll. Satuan-satuan ini adalah titik awal paskibra di bekasi. Satuan yang terbentuk pada awalnya hanya bersifat komando, dalam arti semua kegiatan dikepalai oleh seorang komandan. Paskibra yang pada awal terbentuk diantaranya Paskibra SMA 1 Bekasi (Pisus), SMA 2 Bekasi dengan Pasukan Inti (Pasti), SMA Tambun Selatan, SMA Lemah Abang (sekarang SMUN 2 Cikarang Utara), SMA Cikarang (sekarang SMAN 1 Cikarang Utara) tiga sekolah terakhir berbentuk PKS (Patroli Keamanan Sekolah). Baru pada era tahun 1990/1991 berdiri satuan Passus (Pasukan Khusus) STM 1 Bekasi (sekarang SMKN 1 Cikarang Barat), disusul juga dengan Paskibra SMA dan SMK(SMEA) Bina Pendidikan.
Pada masa Masa Itu, kegiatan yang diadakan ditingkat kabupaten hanyalah defille pada tiap akhir 17 Agustus. Lomba PBB, hanya ada di kota bandung dan sekitarnya.
Sekitar Tahun 1994, muncul surat edaran Gubernur Jawa Barat, dimana memerintahkan setiap sekolah di Jawa barat membentuk satuan paskibra. Dan juga pengalihan nama-satuan seperti pasus, pasti, pisus, PKS dll menjadi paskibra.
Disinilah awal munculnya paskibra di kabupaten dan kota Bekasi (Saat itu kab.Dati II Bekasi)
(apinks)

Written by : brigaspad - Media Paskibra Indonesia

Brigaspad atau dipanjangkan menjadi Brigade Tugas Pelajar Andalan adalah nama satuan organisasi paskibra SMKN 1 Cikarang Barat. Dengan tekad dan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, kami berharap media ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca, terima kasih.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentar Anda!
maaf! komentar bernada SPAM, dan Sara akan Dihapus.
terima kasih.