Home » » DKI Jakarta - lagu Bandar Jakarta

DKI Jakarta - lagu Bandar Jakarta

beranda-brigaspad,

Lagu ”Bandar Jakarta” adalah ungkapan kekaguman terhadap keindahan pantai dan Teluk Jakarta di kala senja dan malam hari. Keindahan pantai yang pada umumnya berasesoriskan lambaian nyiur, perahu nelayan, burung putih dan yang menjadi kekhasan Bandar Jakarta, yaitu Pulau Seribu.
Bandar Jakarta dianggap sebagai rahim kelahiran Kota Jakarta. Bandar yang disebut pula sebagai Pelabuhan Sunda Kelapa yang semula adalah sebuah pelabuhan kecil di wilayah Jakarta Utara, yang telah masyhur sejak masa kedatangan pedagang-pedagang asing ke wilayah Nusantara. Pelabuhan Sunda Kelapa kini tampak sepi dari aktivitas kebaharian sebagaimana sejarahnya ratusan tahun lalu. Sepinya karena barangkali arus perdagangan lebih banyak dipindahkan ke Pelabuhan Tanjung Priok, atau melalui jalur darat dan udara. Namun kecantikan dan kemegahannya sebagai pelabuhan penting pada masa lampau masih meninggalkan jejak. Sunda Kelapa menjadi salah satu lokasi wisata yang ditawarkan pemerintah Kota Jakarta dewasa ini.
Pulau Seribu yang digambarkan dalam lagu adalah kawasan Kepulauan Seribu yang kini menjadi ajang pengembangan resort, yang bersaing dengan aktivitas dan kehidupan nelayan tradisional Kepulauan Seribu yang masih melaut. Menjadi sangat menyakitkan apabila nantinya kehidupan nelayan tersingkir, karena semakin banyaknya resort dan fasilitas rehat yang diperuntukkan untuk kalangan tertentu bertumbuhan bak cendawan di musim hujan di wilayah ini. Pemerintah kota harus bergerak melindungi dan menjamin kehidupan nelayan agar tetap berlangsung, dan memberikan porsi yang adil antara pengembangan Kepulauan Seribu sebagai produk wisata dan sebagai kawasan pemukiman rakyat.

Berikut lyirik dan video dari lagu tersebut.

BANDAR JAKARTA

Awan lembayung menghiasi bandar indah permai
Aman terlindung oleh pulau seribu melambai
Melambai rona-merona mengembang layar
Laju perahu nelayan
Memecah bumi menyisir pantai
Menuju Teluk Jakarta
Indah lukisan alam kala senja menjelang pelukan malam
Burung putih menyampaikan salam
Kata selamat malam

Written by : brigaspad - Media Paskibra Indonesia

Brigaspad atau dipanjangkan menjadi Brigade Tugas Pelajar Andalan adalah nama satuan organisasi paskibra SMKN 1 Cikarang Barat. Dengan tekad dan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, kami berharap media ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca, terima kasih.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentar Anda!
maaf! komentar bernada SPAM, dan Sara akan Dihapus.
terima kasih.