Home » » Profile singkat brigaspad

Profile singkat brigaspad

beranda-brigaspad
Paskibra adalah salah satu organisasi yang kian marak dan kian berkembang dan merupakan salah satu organisasi sekolah yang sangat diminati. Hal ini terkait dengan terhapusnya kesan monoton yang sempat menjadi trademark organisasi ini. Seiring berjalannya waktu, organisasi Paskibra telah berkembang semakin dinamis dan variatif.

Dilingkup wilayah kabupaten bekasi, Paskibra SMKN 1 Cikarang Barat adalah salah satu organisasi yang telah cukup lama berdiri. Paskibra yang sekarang lebih dikenal dengan nama brigaspad ini merupakan salah satu motor perkembangan paskibra di wilayah kabupaten dan kota bekasi. Melalui kader-kader yang diciptakan dan dihasilkan melalui pendidikan dan latihan yang terpola rapi, brigaspad mampu membuktikan dirinya sebagai salah satu penggerak kemajuan generasi muda Indonesia.


Paskibra SMKN 1 Cikarang Barat(Brigaspad) didirikan sejak tanggal 18 Juli 1991 oleh Drs. Wawan Kustiawan. Pada awal pendiriannya, Paskibra Brigaspad selain dilatih oleh bpk. wawan Pribadi, juga dibantu oleh siswa-siswa SMKN 1 Cikarang Barat (saat itu bernama STMN 1 Bekasi) yang pernah terpilih menjadi Anggota Paskibraka.
Angkatan pertama yang dilatih oleh siswa-siswa yang saat itu terpilih menjadi anggota Paskibraka ini merupakan hasil seleksi siswa-siswa terbaik di SMKN 1 Cikarang Barat (kabupaten Bekasi.

Dengan nama awal Passus, Brigaspad pada saat itu dikenal pasukan Ungu. Hal ini disebabkan oleh baret ungu yang selalu menjadi ciri khas dalam setiap kegiatan.

Pada tahun 1994, sesuai surat edaran gubernus Jawa Barat saat itu yang disosialisasikan oleh Purna Paskibraka Indonesia, pengurus daerah kabupaten Dati II Bekasi. Pada September 1999, dihadapan Majelis Musyawarah Tinggi Organisasi, salah satu anggota paskibra megusulkan penggunaan lain, sebagai nama kesatuan, namun pada saat itu tak ada satu nama pun yang dapat diterima. hal ini disebabkan nama-nama yang diusulkan telah digunakan ataupun mirip dengan nama satuan kesatuan paskibra lain.

Nama-nama tersebut misalnya Passus, nama awal kesatuan paskibra SMKN 1 Cikarang Barat ini telah digunakan sebagai nama paskibra salah satu SMA di Kota Bekasi. Ada juga yang mengusulkan nama Pasbara, dll. Selang beberapa waktu, kang Umdah, salah seorang senior angkatan IV (1994) mengusulkan pemakaian nama Brigaspad sebagai nama utama, yang akhirnya pada tahun 2000, dalam Musyawarah Tinggi Organisasi disahkan sebagai nama kesatuan.


Berikut urutan perubahan Brigaspad sesuai dengan urutan waktu...

PASSUS STMN 1 BEKASI --> PASSUS STMN 1 CIBITUNG
PASSUS STMN 1 CIBITUNG --> BRIGASPAD SMKN 1 CIBITUNG
BRIGASPAD SMKN 1 CIBITUNG --> BRIGASPAD SMKN 1 CIKARANG BARAT
BRIGASPAD SMKN 1 CIKARANG BARAT --> BRIGASPAD SMKN 1 KAB. BEKASI
BRIGASPAD SMKN 1 KAB. BEKASI --> BRIGASPAD SMKN 1 CIKARANG BARAT



logo brigaspad SMKN 1 kabupaten Bekasi


VISI
Menciptakan kader bangsa yang berkarakter, Tanggap tanggon dan trengginas
Berkarakter= Beriman Kreatif Aktif dan Terdidik

MISI
Misi Brigaspad SMKN 1 Cikarang Barat tertuang dalam program kerja organisasi. Secara garis besar adalah menciptakan anggota yang kuat baik secara mental maupun fisik, cerdas baik secara jasmani maupun rohani. Visi lainnya adalah dengan aktif berpartisipasi dalam kegiatan kegiatan yang bernilai positif.

SEMBOYAN
Kebersamaan dan Kekeluargaan, tanggap tanggon trengginas


KODE ETIK

Kode Etik Brigaspad tertuang dalam Susatya Taruna Bagasasi

Written by : brigaspad - Media Paskibra Indonesia

Brigaspad atau dipanjangkan menjadi Brigade Tugas Pelajar Andalan adalah nama satuan organisasi paskibra SMKN 1 Cikarang Barat. Dengan tekad dan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, kami berharap media ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca, terima kasih.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::